Purba, Yenni Ernitha (2014) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENJELASKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 DOLOKSANGGUL T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341122 COVER.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
7103341122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7103341122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7103341122 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7103341122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
7103341122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7103341122 DFATAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7103341122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
7103341122 BAB I.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
7103341122 BAB V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
7103341122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keterampilan guru menjelaskan dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 1 Doloksanggul T.P 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS di SMA Negeri 1 Doloksanggul yang berjumlah 133 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 40 orang yang diambil dengan teknik pengampilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product momen pearson, dan Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X) memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,440. Koefisien korelasi bernilai positif dan berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 0,400-0,600. Hasil teresebut memiliki arti bahwa semakin tinggi keterampilan guru menjelaskan maka semakin tinggi pula prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IS di SMA Negeri 1 Doloksangul T.P 2014/2015Selanjutnya hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung korelasi memiliki nilai sebesar 3,047 dan jika dibandingkan dengan ttabel korelasi memiliki nilai sebesar 2,024, diketahui bahwa thitung > ttabel (3,047 > 2,024). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan guru menjelaskan dengan prestasi belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IS di SMA Negeri 1 Doloksanggul T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Pur h |
Keywords: | Keterampilan; Mengejar Guru; Menjelaskan; Pemberian Penjelasan; Keterampilan Menjelaskan; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14084 |