Marbun, Novita Sari (2014) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141024-COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7101141024-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
7101141024-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7101141024-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7101141024-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7101141024-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7101141024-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7101141024-BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
7101141024-BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7101141024-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kolaborasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Teams Games Tournament memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan Tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 48 orang yang diajar dengan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Teams games Tournament dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 48 orang yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi dan tes yang berbentuk pilihan berganda untuk soal pre-test dan post-test. Dari hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata dengan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Teams games Tournament pre-test = 38,22 ; SD = 8,720 dan post-test = 81,04 ; SD =9,56 sedangkan dengan metode konvensional pre-test = 37,29 ; SD = 9,73 dan post-test = 69,16 ; SD = 9,35. Untuk harga ttabel dengan α = 0,05 dan dk 94 diperoleh 1,989. Karena diketahui thitung =6,792 sehingga thitung > ttabel, maka dalam hal ini hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antar kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Parulian 2 Medan T.A 2014/2015 dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Mar p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division; Team Games Tournament; Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14001 |