Rahmadani, Dian (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YAYASAN PENDIDIKAN GRAHA KIRANA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7114141002-COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7114141002-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
7114141002-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7114141002-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7114141002-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7114141002-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7114141002-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7114141002-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7114141002-BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
7114141002-BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7114141002-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar padamata pelajaran ekonomi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui denganmenerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dan Mind Mappingdapat meningkatkan hasil belajar ekonomi.Penelitian dilaksanakan di SMA Yayasan Pendidikan Garaha KiranaMedan T.P 2013/2014 yang beralokasi di Jl. Ampera No. 17A Medan. Subjekpenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.IS yang berjumlah 27 orang. Danobjek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa melaluipenerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Solving dan Mind Mapping.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes untuk melihat hasil belajar.Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kualitatif dan datakuantitatif.Dari hasil analisis diperoleh data pre-test sebagai hasil belajar awal siswadengan 18,52 Data post-test siklus I dengan rata-rata nilai 48,15% berarti adapeningkatan hasil belajar siswa sebesar 29,63%. Sedangkan, data post-test siklusII dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa 85,18%, berarti ada peningkatan hasilbelajar siswa dari post-test siklus I ke post-test siklus II sebesar 37,03Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model PembelajaranProblem Solving dan Mind Mapping pada materi Perdagangan Internasional dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.IS SMA Yayasan Pendidikan GrahaKirana Medan Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658 071 2 /Rah/p |
Keywords: | Model pembelajaran ; Problem soluing ; Mind mapping ; Hasil belajar ; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13865 |