Tanjung, Iski Fauzi H (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL/ CTL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA AL-WASHLIYAH I MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013 / 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141088 COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
709141088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
709141088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
709141088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
709141088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
709141088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
709141088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
709141088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
709141088 BAB I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
709141088 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan pendekatan Kontekstual/ CTL untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Swasta Al – Washliyah I Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Al – Washliyah I Medan yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja Km. 55 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Swasta Al – Washliyah I Medan dengan jumlah 38 orang. Objek dalam penelitian ini adalah Penerapan model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan pendekatan Kontekstual/ CTL Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang aktif sebesar 13,61% dengan 1 siswa (2,63%) tergolong sangat aktif dan 4 siswa (10,53%) tergolong aktif dan dari hasil belajar siswa terdapat 18 siswa (47,37%) siswa yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥70. Ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasil hasil belajar yaitu 85% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 94,74% siswa aktif dengan 26 (68,42%) siswa yang tergolong dalam kriteria sangat aktif dan 10 (26,32%) siswa yang tergolong aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 35 siswa (92,11%) yang tuntas. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 38-1= 37 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 7,19 dan ttabel = 2,0262. Sehingga thitung > ttabel (7,19 >2,0262). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Team Assisted Individualization dengan pendekatan Kontekstual/ CTL pada standar kompetensi Perusahaan Jasa dan Jurnal di kelas XI IPS SMA Swasta Al – Washliyah I Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Tan p |
Keywords: | Model pembelajaran; Team assisted individualization (TAI); CTL; Aktivitas belajar siswa; Hasil belajar siswa. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13794 |