Nirwansyah, Haery (2013) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341045-COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709341045-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
709341045-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
709341045-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
709341045-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
709341045-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
709341045-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
709341045-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
709341045-BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
709341045-BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
709341045-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dansignifikan lingkungan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar siswakelas XI SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2013/ 2014. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan minatbelajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 11 medan Tahunpembelajaran 2013/2014 dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI IS SMA Negeri 11 medan yang berjumlah 80 siswa denganmenggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dari penelitian iniadalah observasi, dokumentasi (DKN) dan angket. Teknik analisa data yangdigunakan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar, minat belajar denganprestasi belajar adalah korelasi ganda dan uji hipotesis dengan menggunakanrumus uji F.Hasil yang diperoleh untuk variabel lingkungan belajar ( X1) denganprestasi belajar (Y) diperoleh rhitung > rtabel (0,313> 0,220) dan hasil yang diperoleh untuk variabel minat belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y), diperoleh rhitung >rtabel (0,390 > 0,220). Dalam perhitungan uji koefisien kolerasi ganda atau multipler diperoleh rhitung >rtabel (0,429> 0,220), untuk mengetahui apakah hipotesis nomor1 dan 2 diterima atau ditolak digunakan rumus uji t pada taraf signifikan 95% dan alpha 5% dengan hasil untuk thitung > t tabel (3,065> 1,66457), yang berarti hipotesis nomor 1 diterima dan thitung > ttabel (4,061> 1,66457) yang berarti hipotesis nomor 3 diterima atau ditolak digunakan rumus uji F. Hasil yang diperoleh adalah diketahui fhitung > ftabel (8,363> 3,12) yang berati hipotesis nomor 3 diterima. Berdasarkan analisa data dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 11 medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Nir p |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Minat Belajar; Faktor-faktor; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 09:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13771 |