Ar-Rahmah, Rizka (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARIN GUNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK BM TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341121-COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709341121-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
709341121-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
709341121-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
709341121-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
709341121-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709341121-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709341121-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
709341121-BAB I.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709341121-BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
709341121-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI Ak SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak dengan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 37,5% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 67, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 87,5% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 82,25 yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan 80% sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga dari lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 57,5%. Pada siklus I diperoleh hasil 25% siswa masuk dalam kategori aktif yang berarti belum mencapai indikator keberhasilan sebesar 71,87% dan pada siklus II diperoleh hasil 82,5% siswa masuk dalam kategori aktif yang berarti telah melampaui indikator keberhasilan yaitu 71,87% sehingga penelitian berhenti di siklus II. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siwa pada kompetensi dasar perhitungan fisik persediaan barang secara periodik di kelas XI Ak SMK BM Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Arr p |
Keywords: | Two Stay Two Stray; Active Knowledge Sharing; Aktivitas; Hasil Belajar; Akuntansi; Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13755 |