Purba, Tiar Caroline Citra (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 17 MEDAN TP.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141226-COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
709141226-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
709141226-KATA PENGATAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
709141226-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
709141226-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709141226-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
709141226-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
709141226-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
709141226-BAB I.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
709141226-BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
709141226-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas IPS 1 SMA Negeri 17 Medan TP.2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 17 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilaksanakan diSMA Negeri 17 Medan TP.2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 43 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi keaktifan siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah diperoleh 18,65% termasuk dalam kriteria Cukup Baik, selanjutnya pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 22% yang termasuk dalam kriteria Baik. Dari analisis data pretes sebagai hasil belajar awal siswa 44,18% yang tuntas dengan nilai rata-rata 63,60. Data postess siklus I dari 43 Orang terdapat 29 orang (67,44%) yang tuntas sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 14 orang (32,56%) selanjutnya pada siklus II diperoleh keterangan bahwa dari 43 siswa terdapat 38 Orang (88,37%) yang tuntas, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 orang (11,62%) terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IPS 1 Tahun Pembelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Pur p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Kooperatif; Tipe TAI; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Aug 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13747 |