Pasaribu, Susi Yanti (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141224 COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
709141224 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
709141224 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141224 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
709141224 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
709141224 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141224 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
709141224 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
709141224 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709141224 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Budi Murni 3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 3 Medan pada semester genap Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas X yang berjumlah 44 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan test hasil belajar ( post test dan pre test) dan observasi. Sedangkan tehnik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu Pada siklus I hasil belajar yang diperoleh adalah 47,73% (21siswa) dengan rata-rata 65,90, sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan yaitu hasil belajar siswa yang diperoleh menjadi 88,64% (39 siswa) dengan rata-rata 81,13, jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 40,91 Dapat disimpulkan penerapan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan Numbered Heads Together (NHT) di kelas X SMP Budi MURNI 3 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Pas p |
Keywords: | Pembelajaran; Students Teams Achievement; Numbered Heads Together; Kolaborasi; Model |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD4801 Labor. Work. Working class > HD5650 Employee participation in management. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Feb 2017 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13676 |