Supni, Nova Yanthi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 1 SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341095 COVER.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
709341095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
709341095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
709341095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
709341095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
709341095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
709341095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
709341095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
709341095 BAB I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
709341095 BAB V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
709341095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
709341095 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
709341095 PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharingdi kelas XIIIS 1 SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di jalan Pertiwi Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS1 yang berjumlah 40 orang siswa, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 40% yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 92,5% yang termasuk dalam kriteria aktif dan sangat aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pre test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 59,12 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 69,87 atau terjadi peningkatan sekitar 10,75. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,75atau mengalami peningkatan 10,88 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada Standar Kompetensi Memahami Penyusunan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XIIIS 1 di SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sup p |
Keywords: | Group investigation; Active Knowledge Sharing; Aktivitas;Belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13596 |