Nurliana, Nurliana (2013) PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN ETOS KERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310116 COVER.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708310116 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
708310116 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
708310116 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
708310116 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
708310116 BAB I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
708310116 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708310116 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh manajemen kelas dan etos kerja guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Budi Murni 2 Medan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh manajemen kelas dan etos kerja guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS Budi Murni 2 Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Budi Murni 2 Medan yang beralamat di jalan Kapiten Purba No.24a simalingkar. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 128 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak) yaitu 42 orang. Instrument penelitian ini menggunakan angket. Validitas angket dengan menggunakan rumus product momen, dan reliabilitas instrument. Variabel X1= 0,26776 dan X2 = 0,688205 diuji dengan menggunakan rumus koefisien alpha. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variable X1 (Manajemen kelas) X2 (Etos kerja guru) terhadap Y (Prestasi belajar) adalah teknik analisis korelasi product moment dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji f. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui observasi dan angket.Hasil yang diperoleh dari penelitian setelah melakukan uji “t” untuk X1 (Manajemen kelas) diperoleh thitung > ttabel (4,302> 1,684) dan uji t untuk X2 ( Etos kerja guru) diperoleh thitung > ttabel (9,252 > 1,684). Setelah melakukan uji f diperoleh fhitung > ftabel (79,681 > 3,25) dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti secara simultan manajemen kelas dan etos kerja guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS Budi Murni 2 Medan.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan manajemen kelas dan etos kerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 2 Nur p |
Keywords: | Manajemen Kelas; Pengelolaan Kelas; Etos Kerja Guru; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13585 |