Nurhayati, Siti (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAAJRAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN LISTENING TEAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS-2 SMA SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/204. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341133 COVER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709341133 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
709341133 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
709341133 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
709341133 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
709341133 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709341133 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
709341133 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341133 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341133 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709341133 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Listening Team di kelas XII IPS-2 SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Josua Medan yang beralamat di Jl GB Josua No 30 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS-2 SMA Swasta Josua Medan berjumlah 35 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Listening Team. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar, sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kualitatif dan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 37,14%. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 82,86%. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 45,72%. Selain itu tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 17 orang dari 35 siswa yang mendapat nilai ≥ 65 atau (48,57%) dan 18 siswa mendapat nilai < 65 atau (51,43%), dengan nilai rata-rata 64,43. pada siklus II terdapat 30 siswa yang mendapat nilai ≥ 65 atau (85,71%) dan 5 siswa yang mendapat nilai< 65 atau (14,29%) dengan nilai rata-rata 78,14. Dari uji–t diperoleh untuk hasil belajar, thitung> ttabel yaitu 8,61> 2,03. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Listening Team dapat meingkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS-2 SMA Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada standar kompetensi memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang.Hal ini berarti bahwa kolaborasi model pembelajaran Explicit Intruction dengan Listening Team dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Nur p |
Keywords: | pembelajaran; akuntansi; model; kolaborasi; Explicit Instruction; Listening Team; belajar; aktivitas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Oct 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13557 |