Umilia, Ayu (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNINGSTART WITH A QUESTION DAN LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XIAK-2 DI SMK SWASTA NUR AZIZITAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
709341017 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709341017 BAB V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
709341017 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709341017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
709341017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
709341017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
709341017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa kelas XI Ak-2 di SMK Swasta Nur Azizi Tahun Pelajaran2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitasdan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaranLearning Start With A Question dan Learning Cell kelas XI Ak-2 di SMK SwastaNur Azizi Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi yang beralamat diJl. Pahlawan, Tanjung Morawa, Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa kelas XI Ak-2 yang berjumlah 53 orang siswa, dan objek dalam penelitianini adalah penerapan model pembelajaran Learning Start With A Question danLearning Cell untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasiaktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitassiswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 50,60% yang termasuk dalamkriteria Aktif. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 81,02% yangtermasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data pretestsebelum penerapan dengan nilai rata-rata 63,21 sedangkan pada siklus I nilai rataratasiswa menjadi 74,72 atau terjadi peningkatan sekitar 11,51poin. Dan padasiklus II nilai rata-rata siswa menjadi 85,85 atau mengalami peningkatan 11,13poin dari siklus I. Ada peningkatan yang positif dan signifikan hasil belajarakuntansi siswa kelas XI Ak-2 di SMK Swasta Nur Azizi antar siklus. Hal initerlihat dari hasil perhitungan yang diperoleh yaitu thitung = 8,43> ttabel = 1,67.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning StartWith A Question danLearning Cell pada Standar Kompetensi MengelolaAdministrasi Kas Bank dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansisiswa kelas XI Ak-2 di SMK Swasta Nur Azizi Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Umi p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Learning Start With A Question; Learning Cell; Aktivitas; Akuntansi; Tindakan Kelas |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13514 |