Hutabarat, Nursaima (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 2 SMK SWASTA PRAYATNA-1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141162 COVER.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709141162 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
709141162 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
709141162 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
709141162 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
709141162 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
709141162 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
709141162 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
709141162 BAB I.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
709141162 BAB V.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
709141162 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X1 ak 2 SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dengan menerapkan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs. Serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antar siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI Ak 2 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis diperoleh data observasi sebagai hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 32,15% ( Siklus I 54,28% sedangkan Siklus II 86,43%) dengan indikator aktivitas yang dinilai yaitu visual aktivities, listening activities,oral activities, mental activities, dan emotional activities. Hasil data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 22,86% yang tuntas dengan nilai rata – rata 62,29. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 54,28% dengan nilai rata-rata 72,86 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 82,85% dengan nilai rata-rata 81,86. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 28,54%. Hal ini menunjukan siklus II sudah mencapai standar KKM siswa memperoleh nilai ≥ 75. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menguji t dengan dk = n-1 a= 0,05 dan n = 3. Dari data perhitungan diperoleh t hitung sebesar 12,46 dan t tabel =2,0322. Hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu (12,46 > 2,0322) dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan dan positif. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak 2 SMK Swasta Prayatna-1 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 pada kompetensi dasar mengelola administrasi kas kecil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Hut p |
Keywords: | Model Pembelajaran;Explicit Instruction;akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13478 |