Hutabarat, Santi (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PARULIAN I MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310143 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708310143 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
708310143 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
708310143 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708310143 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
708310143 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
708310143 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
708310143 BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
708310143 BAB V.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
708310143 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Masalah peneliti ini adalah “Rendahnya aktivitas dan Hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Parulian I Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Index Card Match (ICM) dengan Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Parulian I Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian I Medan yang terletak di jalan Stadion Teladan No. 23 Tahun Ajaran 2012/2013 semester Ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Parulian I Medan yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian serta lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada tes awal (pretes) jumlah siswa yang tuntas 10 siswa (40%), dengan nilai rata-rata siswa 65,4 yang memenuhi KKM. Setelah dilakukan tindakan di siklus I diperoleh jumlah siswa yang tuntas 14 siswa (56%) dengan rata-rata 70 yang telah mencapai KKM, dan setelah dilakukan tindakan di siklus II diperoleh jumlah siswa yang tuntas 19 siswa (76%) dengan rata-rata 78,6 yang memenuhi KKM. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 9 siswa (36%), sedangkan di siklus II terdapat 19 siswa (76%). Untuk melihat apakah ada hubungan aktivitas dan hasil belajar maka dilakukan uji korelasi dan dari hasil perhitungn didapatkan perhitunngan uji korelasi diperoleh hubunngan antara aktivitas (Variabel X) dengan hasil belajar (Variabel Y) dimana r_(xy = )0,759 dan r_(tabel )dengan n= 25 adalah 0,396 sehingga r_hitung> r_(tabel )(0,759 > 0,386) yang berarti menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika aktivitas tinggi maka hasil belajar siswa juga akan tinggi sebesar 0,759.Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa, disimpulkan bahwa dengan penerapan Kolaborasi model pembelajara Index Card Match (ICM) dengan Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi kas kecil. Hal ini berarti Kolaborasi model pembelajara Index Card Match (ICM) dengan Kontekstual dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi pada standar kompetensi kas kecil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Hut p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Kolaborasi; Model Pembelajaran; Index Card Match; Kontekstual |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Jan 2017 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13361 |