Siahaan, Marlina (2012) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
81277110021 Cover.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
81277110021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
81277110021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
81277110021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
81277110021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
81277110021 Bab I.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
81277110021 Bab V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
81277110021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan yang positif dan signifikan lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belaajr dengan Prestasi Belajar siswa kelas XI SMA Negeri Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pangkalan Susu Tahun Ajaran 2011/2012 dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Pangkalan Susu yang berjumlah 90 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah observasi, dokementasi (DKN) dan angket. Teknik analisa data yang digunakan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar, motivasi belajar dengan prestasi belajar adalah korelasi ganda dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji F.Hasil yang diperoleh untuk variabel lingkungan belajar (X1) dengan prestasi belajar (Y) diperoleh rhitung > rtabel (0,240 > 0,207) dan hasil yang diperoleh untuk variabel motivasi belajar (X2) dengan prestasi belajar (Y), diperoleh rhitung > rtabel (0,245 > 0,207). Dalam perhitungan uji koefisien korelasi ganda atau multiple r diperoleh rhitung > rtabel (0,689 > 0,207) ,untuk mengetahui apakah hipotesis nomor 1 dan 2 diterima atau ditolak digunakan rumus uji t pada taraf signifikan 95% dan alpha 5% dengan hasil untuk thitung > ttabel (2,386 > 1,66235), yang berarti hipotesis nomor 1 diterima dan thitung > ttabel (2,448 > 1,66235) yang berarti hipotesis nomor 2 diterima. Untuk hipotesis nomor 3 diterima atau ditolak digunakan rumus uji F. Hasil yang diperoleh adalah diketahui fhitung > ftabel (3,259 > 3,10) yang berarti hipotesis nomor 3 diterima.Berdasarkan analisa data dapat diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Pangkalan Susu T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sia h |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 02 Nov 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13209 |