Muliani, Muliani (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110024 Cover.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
081277110024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
081277110024 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
081277110024 Abstrak.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
081277110024 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
081277110024 Bab I.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
081277110024 Bab V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
081277110024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Everyone Is A Teacher Here di kelas X-C SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket yang beralamat di Jalan Pendidikan No. 1 Tiganderket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-C dengan jumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siklus I terdapat 18 orang (47,37%) untuk kriteria sangat aktif, aktif dan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 31 orang (81,58%) untuk kriteria sangat aktif, aktif dan cukup aktif. Berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34,21%. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata dari tes sebelum penerapan adalah 63,95 dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang (31,57%). Sedangkan pada tes siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,29 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (47,37%). Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi 78,29 dengan jumlah siswa yang tuntas 33 orang (86,82%) dari jumlah siswa di kelas X-C.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Mul p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Everyone Is A Teacher Here; Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13199 |