PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN AJARAN 2012/2013

Muliani, Muliani (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGANDERKET TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 081277110024 Cover.pdf]
Preview
Text
081277110024 Cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
081277110024 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
081277110024 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Abstrak.pdf]
Preview
Text
081277110024 Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
081277110024 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Bab I.pdf]
Preview
Text
081277110024 Bab I.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Bab V.pdf]
Preview
Text
081277110024 Bab V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 081277110024 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
081277110024 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Everyone Is A Teacher Here di kelas X-C SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tiganderket yang beralamat di Jalan Pendidikan No. 1 Tiganderket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-C dengan jumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Everyone Is A Teacher Here. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari aktivitas siklus I terdapat 18 orang (47,37%) untuk kriteria sangat aktif, aktif dan cukup aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 31 orang (81,58%) untuk kriteria sangat aktif, aktif dan cukup aktif. Berarti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 34,21%. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata dari tes sebelum penerapan adalah 63,95 dengan jumlah siswa yang tuntas 12 orang (31,57%). Sedangkan pada tes siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,29 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (47,37%). Kemudian pada tes siklus II nilai rata-rata menjadi 78,29 dengan jumlah siswa yang tuntas 33 orang (86,82%) dari jumlah siswa di kelas X-C.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Tiganderket Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Mul p
Keywords: Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Everyone Is A Teacher Here; Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Dec 2016 02:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13199

Actions (login required)

View Item
View Item