Yatri, Puspita (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF INTEGRATED AND READING COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X SMK PRAYATNA-1 MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
061277110077 Cover.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
061277110077 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
061277110077 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
061277110077 Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
061277110077 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
061277110077 Bab I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
061277110077 Bab V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
061277110077 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada sub materi sikap dan perilaku prestatif dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated and Reading Composition (CIRC) pada siswa kelas X¬2 -bidang keahlian Administrasi Perkantoran SMK Prayatna-1 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus penelitian. Penelitian dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap guru (peneliti) dan siswa, observer pelaksanaan penelitian dilakukan oleh guru mata diklat Kewirausahaan. Pengamatan dilakukan terhadap 39 orang siswa. Indikator keberhasilan penelitian meliputi : persentase penilaian hasil belajar, ketuntasan belajar, hasil bservasi aktifitas siswa dan angkket respon siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes siswa sebelum dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated and Reading Composition adalah 45,42, sedangkan nilai rata-rata pada postes I adalah 67,26 dan terdapat 26 siswa yang termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 65 %, hal ini belum mencapai kriteria ketuntasan belajar secara kalasikal karena belum mencapai > 70%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,09 serta terdapat seluruh siswa yang terdiri atas 39 orang siswa termasuk kriteria tuntas dalam belajar. Peningkatan aktivitas siswa sangat tampak pada siklus kedua bahwa siswa sangat merespon atau tertarik dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated and Reading Composition. Hal ini dapat dibuktikan dari analisis angket respon siswa bahwa sebanyak 39 siswa selaku responden, diperoleh 30 orang siswa atau sekitar 75% memilih “senang” dengan cara mengajar belajar seperti yang telah mereka ikuti yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated and Reading Composition. Sebanyak 36 orang atau 92,5% memilih “senang” dengan cara guru mengajar. Diantara 39 orang siswa, sebanyak 36 orang siswa atau sekitar 92,5% memilih “berminat” terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated and Reading Composition.Dengan melihat keberhasilan pengajaran menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated and Reading Composition, maka perlu diperhatikan untuk aplikasi model dalam pengajaran materi kewirausahaan lain atau untuk pengajaran materi pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran kewirausahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Yat p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Model CIRC; Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 18 Oct 2016 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13119 |