Debataraja, Jusup (2014) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNINGDAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DANHASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA KATOLIK SWASTA TRI SAKTIMEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141100 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
709141100 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
709141100 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
709141100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
709141100 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
709141100 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
709141100 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
709141100 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
709141100 BAB I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
709141100 BAB V.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
709141100 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPSdengan menerapkan metode discovery leaning dan model pembelajaran roundclub di SMA Katolik Swasta Tri Sakti Medan.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik Swasta Tri Sakti Medan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 36 orang. Objekdalam penelitian ini adalah metode discovery leaning dan model pembelajaranround club. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitianini adalah tes dan lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajarsiswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data terdiri daridua tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh aktivitas belajar siswa mencapai47,22% keaktifan secara keseluruhan yaitu 17 siswa yang tergolong sangat aktifdan aktif. Di siklus II terdapat peningkatan keaktifan menjadi 83,33%. Hal initelah memenuhi kriteria penilaian aktivitas dengan skor ≥23 aktif atau 71,88%yaitu 30 siswa yang tergolong sangat aktif dan aktif. Untuk perolehan hasilbelajar di siklus I, terdapat 22 siswa (61,11%) yang memperoleh nilai tuntasdengan nilai rata-rata 68,61. Dan setelah siklus II, persentase ketuntasan secarakeseluruhan sebesar 88,89% atau terdapat 32 siswa yang memperoleh nilai tuntasdengan nilai rata-rata 81,25, menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secarakeseluruhan sebesar 27,78% dari siklus I. Hal ini telah memenuhi kriteriapenilaian hasil belajar jika 70% siswa telah memenuhi KKM ≥70. Ini berartimenunjukkan bahwa telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan denganmenggunakan uji t denngan dk = 36-1 = 35 dan taraf kesalahan (α) = 5%. Darihasil perhitungan diperoleh thitung = 9,58 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel(9,58 > 2,03). Dengan demikian peningkatan hasil belajar akuntansi siswa padasiklus I memiliki peningkatan yang signifikan dan positif terhadap hasil belajarAkuntansi siswa pada siklus II. Maka dalam hal ini Ha=X2>X1 diterima danH0=X2=X1 ditolak.Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode discovery leaningdan model pembelajaran round club dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa kelas XII IPS pada standar kompetensi memahamipenyusunan siklus perusahaan dagang di SMA Katolik Swasta Tri Sakti MedanT.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Deb p |
Keywords: | aKTIVITAS BELAJAR; Akuntansi; Hasil belajar; Metode pembelajaran; Discovery learning; Round club. |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13054 |