Putra, Eko Prima (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MASTERY LEARNING STRATEGY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114111 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
708114111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708114111 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
708114111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
0708114111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
708114111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708114111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708114111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
708114111 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
708114111 BAB V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
708114111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Mastery Learning Strategy di kelas XII Akuntansi SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Parulian 1 Medan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XII Akuntansi yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Mastery Learning Strategy untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar angket siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar pada siklus I dari 25 siswa hanya 14 siswa atau (56%) siswa yang tuntas dan 11 siswa atau (44%) siswa tidak tuntas dengan rata-rata 71,8 , sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat menjadi 21 siswa atau (84%) siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas 4 siswa atau (16%) siswa dengan rata-rata 82. Persentase tingkat motivasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 1 siswa atau (4%) siswa memiliki motivasi rendah, 5 siswa atau (20%) siswa memiliki motivasi sedang dan 19 siswa atau (76%) siswa memiliki motivasi tinggi. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 3 siswa atau (12%) siswa memiliki motivasi sedang dan 22 siswa atau (88%) siswa memiliki motivasi tinggi. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Mastery Learning Strategy dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XII Akuntansi SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 pada materi pengelolaan kartu piutang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Put p |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Instruction; Mastery Learning Strategy |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12974 |