Wulandari, Suci (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO DENGAN GUIDED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI IS SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114270 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
708114270 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
708114270 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
708114270 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
708114270 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708114270 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
708114270 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
708114270 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
708114270 BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
708114270 BAB V.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
708114270 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Swasta Budi Agung Medan T.P 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran The Power of Two dengan Guided Teaching di kelas XI IS SMA Swasta Budi Agung Medan T.P 2012/2013Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI IS yang berjumlah 34 siswa dan objek penelitian adalah penerapan kolaborasi strategi pembelajaran The Power of Two dengan Guided Teaching untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data analisis statistik uji beda dua rata-rata dan penyajian data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 17,5 yang termasuk dalam kriteria Cukup. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 21,6 ≈ 22 yang termasuk dalam kriteria Baik. Data test sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 55,58 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 66,02 atau terjadi peningkatan sekitar 10,44 poin. Dan pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 79,11 atau mengalami peningkatan 13,09 poin dari siklus I. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran The Power of Two dengan Guided Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IS SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Wul p |
Keywords: | Strategi pembelajaran The Power of Two; Guided Teaching; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12886 |