Sirait, Monica (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PENDEKATAN SCAFFOLDING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK YAPIM MEDAN T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114202 COVER.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
708114202 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
708114202 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
708114202 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
708114202 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708114202 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
708114202 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114202 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114202 BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
708114202 BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
708114202 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa Kelas X AK SMK YAPIM Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Konstruktivisme dengan pendekatan Scaffolding dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK YAPIM Medan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMK YAPIM Medan yang berlokasi di Jl. Air Bersih No. 59 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK dengan jumlah 48 orang. Objek dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data adalah dengan reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada Siklus I diperoleh 10,41% atau 5 orang untuk kriteria sangat aktif, 31,25 % atau 15 orang untuk kriteria aktif, 37,5 % atau 18 orang untuk kriteria cukup, 20,83 % atau 10 orang untuk kriteria pasif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 33,33 % atau 16 orang untuk kriteria sangat aktif, 50 % atau 24 orang untuk kriteria aktif, 14,58 % atau 7 orang untuk kriteria cukup, 2,08 % atau 1 orang untuk kriteria pasif. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 64,58 % atau 31 orang dengan rata-rata 69,17, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 85,42% atau 41 orang dengan rata-rata 80,31. Pada uji signifikan untuk hasil belajar, thitung > ttabel yaitu 6,26 > 1,66. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK pada kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan dagang di SMK YAPIM Medan T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir p |
Keywords: | Model Pembelajaran Konstruktivisme dengan Pendekatan Scaffolding; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 07:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12870 |