Sinaga, Dina Juni Anggreni (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01_NIM.4123321015_COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
02_NIM.4123321015_APPROVACE.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
03_NIM.4123321015_ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
04_NIM.4123321015_PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
05_NIM.4123321015_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
06_NIM.4123321015_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
07_NIM.4123321015_TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
08_NIM.4123321015_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
09_NIM.4123321015_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
13_NIM.4123321015_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
14_NIM.4123321015_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor kelas X semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester genap SMA Negeri 5 Medan terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-2 (sebagai kelas eksperimen) berjumlah 31 siswa dan kelas X-1 (sebagai kelas kontrol) berjumlah 31 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes essay dengan jumlah 8 item yang telah divalidasi sesuai dengan standar soal yang baik.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,22 dengan standar deviasi sebesar 12,74 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 35,16 dengan standar deviasi sebesar 10,54. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, data nilai pretes dari kelas eksperimen dan kontrol dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data postest yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen 72,87 dengan standar deviasi 10,62 dan kelas kontrol 68,38 dengan standar deviasi 10,48. Melalui pengujian statistik menggunakan uji-t satu pihak dapat diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 6,64% , maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 063 |
Keywords: | Model Problem Based Learning;Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 07:26 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12698 |