Rumahorbo, Putri Sion (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMAN 9 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 4123121050 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
02.NIM 4123121050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
03. NIM 4123121050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
04. NIM 4123121050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
05. NIM 4123121050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
06. NIM 4123121050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
07. NIM 4123121050 TABLES.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
08. NIM 4123121050 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
09. NIM 4123121050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4123121050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
14. NIM 4123121050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 9 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design dengan populasi seluruh siswa kelas X semester II SMAN 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh validator.
Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,00 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 37,71. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen sebesar 72,43 sedangkan siswa pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes siswa 60,57. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,539 > 1,669 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 68. Hal ini berarti Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan akibat penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMAN 9 Medan T.P. 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 104 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Group Investigation; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 06:48 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12694 |