Pardede, Victorya Rotua Estomihi (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA N 9 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1._NIM. 4123121079_COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2._NIM. 4123121079_LEMBAR PENGESAHAN-RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3._NIM. 4123121079_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4._NIM. 4123121079_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5._NIM. 4123121079_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6._NIM. 4123121079_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7._NIM. 4123121079_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8._NIM. 4123121079_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9._NIM. 4123121079_BAB I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13._NIM. 4123121079_BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14._NIM. 4123121079_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2015/ 2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 9 Medan yang terdiri dari enam kelas. Pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling dan diambil dua kelas yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu: 1) tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah divalidkan, dan 2) lembar observasi afektif dan psikomotorik siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan
.
Dari data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes pada kelas eksperimen = 29,45 dengan SD = 6,25, dan kelas kontrol = 27,54 dengan SD = 6,53. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Pada uji homogenitas dengan Fhitung = 1,09 dan Ftabel = 1,84, sehingga Fhitung < Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil analisis data dari uji beda menggunakan uji t dua pihak diperoleh thitung = 1.19 < ttabel = 2.00, maka Ho diterima berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Dari hasil pengamatan afektif dan psikomotorik siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pada pertemuan I rata-rata sikap siswa 53.40% dengan keterampilan 58.49%. Pada pertemuan II rata-rata sikap siswa 58.43% dengan keterampilan 64.08%. Pada pertemuan III rata-rata sikap siswa 63.97% dengan keterampilan 67.09%. Dan pada pertemuan IV rata-rata sikap siswa 70,07% dengan keterampilan 70.32%. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen = 73,13 dengan SD = 8,61 dan kelas kontrol = 68,77 dengan SD = 8,78. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,02 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji t terdapat pengaruh penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi Suhu dan Kalor kelas X SMA 9 Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 FIS 88 |
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Perubahan Wujud Zat;Suhu; Pemuaian |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:48 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12685 |