Pani, Nita (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM.4123321035 file 1 cover.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
NIM.4123321035 file 2 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
NIM.4123321035 file 3 daftar riwayat hidup.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM.4123321035 file 4 abstrak.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM.4123321035 file 5 kata pengantar.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
NIM.4123321035 file 6 daftar isi.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM.4123321035 file 8 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM.4123321035 file 7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
NIM.4123321035 file 8 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM.4123321035 file 9 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
NIM.4123321035 file 10 bab 1.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
NIM.4123321035 file 14 bab 5.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM.4123321035 file 15 daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan proses
sains siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan
pembelajaran konvensional pada materi Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di
SMA Negeri 5 Medan T.P. 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan. Sampel
penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan
kelas X-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 32 siswa yang
ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yaitu teknik pengambilan
sample dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada
dalam populasi itu. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diberikan pretes,
Setelah diberikan pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,16
dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 43,34. Setelah memperoleh data hasil pretes
siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dilakukan uji t. Uji t
digunakan untuk mengetahui kesamaan kemampuan awal siswa pada kedua kelas.
Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas
eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol
dengan model pembelajaran konvensional selama 3 kali pertemuan. Setelah diberi
perlakuan diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen 74,46 dan dan
kelas kontrol 52,81. Setelah memperoleh data postes siswa dari kelas eksperimen
dan kelas kontrol, maka kemudian dilakukan pengujian analisa data melalui uji t.
Maka diperoleh thitung = 9,77 sedangkan ttabel = 1,34. Karena thitung > ttabel (9,77
>1,34) maka Ha diterima. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa
ada pengaruh keterampilan proses sains siswa menggunakan model pembelajaran
Inquiry Training dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan
kalor dikelas X semester II SMA Negeri 5 Medan T.P.2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2014 FIS 066 |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Inquiry Training; Konvensional; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC251 Heat Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:00 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12678 |