Salmiah, Ami (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113121005 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
4113121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4113121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4113121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4113121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4113121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4113121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
4113121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
4113121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4113121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ,(1) hasil belajar siswa setelah menepakan model pembelajaran berbasis masalah, (2) perbedaan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional (3) keterampilan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah, dan (4) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 44 orang dan kelas kontrol berjumlah 41 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar dan berpikir kritis siswa berbentuk essai. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional.Setelah diberikan pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 26,56 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 27,09. Hasil pengujian data pretes menunjukkan bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional selama 4 kali pertemuan. Setelah diberi perlakuan diperoleh nilai rata-rata postes hasil belajar pada kelas eksperimen 82,93 dan dan kelas kontrol 75,75. Setelah diuji t, diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelaran pada kedua kelas. Untuk nilai rata-rata postes keterampilan berpikir kritis diperoleh pada kelas ekperimen 81,70 dan kelas kontrol 77,90. Setelah uji t, diperoleh bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa akibat pengaruh model pembelajaran yang dilakukan pada kedua kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 210 |
Keywords: | Hasil Belajar;Pembelajaran;Model PBM; Soal Essai |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12657 |