Napitupulu, Marta Marsaulina (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE ST (SNOWBALL THROWING) DAN TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION) PADA BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111049 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4113111049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
4113111049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
4113111049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4113111049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4113111049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113111049 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113111049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113111049 BAB I.pdf - Published Version
Download (827kB) | Preview
4113111049 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4113111049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan dilakukan di SMP Negeri 1Lubuk Pakam yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajarmatematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe ST dan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 1Lubuk Pakam T.A. 2014 / 2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 LubukPakam T.A. 2014 / 2015 yang terdiri dari 8 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalampenelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VIII-F sebanyak 35 orang yang diajar dengan modelpembelajaran kooperatif tipe ST dan kelas VIII-G sebanyak 35 orang yang diajar dengan modelpembelajaran kooperatif tipe STAD, penentuan sampel dilakukan secara acak (cluster sampling).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda sebanyak 15 soalyang telah dinyatakan valid.Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasilbelajar matematika siswa yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe ST dan model pembelajaran koperatif tipe STAD pada kubus dan balok di kelas VIII SMPNegeri 1 Lubuk Pakam T.A. 2014 / 2015, dengan hitung t = 5,067 dan tabel t = 1,9973 diperolehthitung tidak berada diantara interval -1,9973 < t < 1,9973 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.Rata-rata pretes siswa kelas ST sebesar 56,22 (48,57%) sedangkan rata-rata postes 83,71(31,42%). Siswa kelas TPS diperoleh rata-rata pretes sebesar 56,42 (51,43%) sedangkan rataratapostes sebesar 71,77 (37,14%). Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata pada kedua kelas,sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan model kooperatif tipe STmaupun model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran matematika, dengantetap memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari kedua model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 108 |
Keywords: | Hasil belajar; model kooperatif; ST; STAD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12628 |