Karo, Arianti Evalinda Br. (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP BERASTAGI T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113111007 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4113111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4113111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113111007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4113111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4113111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4113111007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4113111007 BAB I.pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
4113111007 BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4113111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengembangkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa; (2)Mengetahui keefektifan lembar kerja siswa yang dikembangkan berbasis pendekatan open ended pada materi kubus dan balok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan berpikir kreatif siswa; dan (2) Mengetahui respon siswa terhadap lembar kerja siswa yang dikembangkan berbasis pendekatan open ended.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat melalui model 4-D (Four-D Model) yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan dan Semmel. Model ini meliputi empat tahapan terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun, pada penelitian ini tanpa tahap penyebaran (disseminate).Uji coba lembar kerja siswa dilakukan sebanyak 2 kali coba dan dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Berastagi. Pada uji coba 1, sampel penelitian diambil dari kelas VIII-2 sebanyak 38 orang dan setelah diperoleh hasilnya tidak efektif sehingga dilakukan perbaikan maka dilakukan uji coba kedua. Pada uji coba 2 sampel diambil dari kelas VIII-1 sebanyak 40 orang. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1) Dihasilkan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open ended dengan kategori cukup valid dengan presentase 78,38%. (2) Keefektifan lembar kerja siswa yang dikembangkan berbasis pendekatan open ended disimpulkan berdasarkan bahwa: (a) ketuntasan klasikal sebesar 87,5%, dan (b) ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK): tuntas. 3) Respon siswa terhadap lembar kerja siswa yang dikembangkan berbasis pendekatan open ended adalah positif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan berbasis pendekatan open ended efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan berpikir kreatif siswa pada materi kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 173 |
Keywords: | Lembar Kerja Siswa; Pendekatan Open Ended; Pemecahan Masalah; Berpikir Kreatif |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12625 |