Handayani, Septia (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MACROEMDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131071 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4113131071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
4113131071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4113131071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
411313107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4113131071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4113131071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113131071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4113131071 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4113131071 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4113131071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem based learning dan direct instruction yang diintegrasikan dengan macromedia flash pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit, mengetahui korelasi kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model problem based learning yang diintegrasikan dengan macromedia flash dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai yang berjumlah 9 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model problem based learning yang diintegrasikan dengan macromedia flash dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model direct instruction yang diintegrasikan dengan macromedia flash. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 18 soal dengan reliabilitas 0,9185. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,0877 > 1,6671, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning yang diintegrasikan dengan macromedia flash lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model direct instruction yang diintegrasikan dengan macromedia flash pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di kelas X SMA Negeri 1 Binjai yaitu 69,82% > 57,50%. Untuk korelasi, menunjukkan korelasi, menunjukkan korelasi positif antara kemampuan berpikir kritis siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu r hitung > r tabel (0,5079 > 0,312) dengan koefisien determinasi 25,79%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 146 |
Keywords: | Problem Based Learning; Macromedia Flash; Kemampuan Berfiir Kritis; Larutan Elektroit Dan Non Elektroit |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12593 |