Ritonga, Arini Ulfah Mawaddah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII MTS AISYIYAH MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111521001 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4111521001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4111521001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4111521001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4111521001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111521001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4111521001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
4111521001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4111521001 BAB I.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4111521001 BAB V.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111521001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Aisyiyah Medan T.P 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling maka terpilihlah 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidasikan memenuhi uji prasyarat.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,75 dan nilai rata-rata kelas kontrol 47,42.Sebelum dilakukan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta konsep, kemampuan awal kedua kelompok siswa sama. Setelah model pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,85 dan kelas kontrol 63,28. Data pretes dan postes telah memenuhi uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan homogenitas dengan taraf signifikansi α = 0,05, sehingga hasil uji t pretes memiliki kesamaan rata-rata dan uji t postes menyatakan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar fisika siswa.Selain berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, model pembelajaran Inquiry Training juga meningkatkan aktivitas belajar siswa yang dapat diamati dengan peningkatan aktivitas dari pertemuan pertama sampai pertemuan kedua .Dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh observer, diperoleh bahwa rata-rata peningkatan aktivitas siswa cukup baik dari pertemuan I dengan kategori cukup aktif ke pertemuan II dengan kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 164 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12489 |