Sinaga, Iramaya Fridayanti (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA SARIBUDOLOK. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121009 COVER.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4112121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (983kB) | Preview
4112121009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (998kB) | Preview
4112121009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (981kB) | Preview
4112121009 DAFTAR ISIS.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4112121009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
4112121009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (855kB) | Preview
4112121009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (927kB) | Preview
4112121009 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4112121009 BAB V.pdf - Published Version
Download (954kB) | Preview
4112121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraninquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II pada materipokok suhu dan kalor di SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolokyang terdiri dari 8 kelas berjumlah 280 orang. Pengambilan sampel dilakukandengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas.Kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-3sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini berupa tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar siswa danlembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,86 dankelas kontrol 33,89. Nilai rata-rata postes pada kelas pada kelas eksperimensebesar 72,35 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62,59. Uji hipotesismenggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 3,888 dan nilai ttabel = 1,669, dimanathitung > ttabel sehingga Ha diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanyapengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajarsiswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1Silimakuta Saribudolok T.P.2014/2015. Rata-rata persentase nilai aktivitas belajarsiswa selama proses pembelajaran adalah 68,03 yang termasuk dalam kategoriaktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 070 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12399 |