Mutia, Angela (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER II SMA ST. YOSEPH MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121002 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111121002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4111121002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4111121002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111121002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4111121002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4111121002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4111121002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4111121002 BAB I.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4111121002 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4111121002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI SMA St. Yoseph Medan T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA St. Yoseph Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian afektif serta psikomotorik siswa. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata persentase afektif dan psikomotorik masing-masing termasuk dalam katergori sedang sedangkan di kelas kontrol rata-rata persentase afektif dan psikomotorik masing-masing temasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis di kelas XI semester II SMA St. Yoseph Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 077 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; macromedia flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12398 |