Pasaribu, Marianna Elizabeth (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) INOVATIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP MATERI KIMIA REAKSI OKSIDASI DAN REDUKSI PADA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131041 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113131041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4113131041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4113131041 ASBTRAK.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4113131041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4113131041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4113131041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4113131041 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4113131041 BAB I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4113131041 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4113131041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan, menstandarisasi dan mengujicobakan LKS Kimia Inovatif serta mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan LKS Inovatif dengan yang menggunakan LKS Kimia yang sudah ada. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIA SMA Negeri 2 Balige, dimana guru bidang studi kimia dan dosen kimia berperan sebagai tim ahli atau validator. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan LKS Inovatif dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan LKS yang sudah ada. Ada dua jenis instrumen dalam penelitian ini yaitu angket BSNP untuk menstandarisasi LKS Inovatif dan 20 soal pilihan berganda yang telah divalidasi kepada validator ahli dan siswa dengan rhitung 0.7097 > rtabel 0,361, yang disebut reliabel. Uji coba LKS Inovatif telah dilakukan, pemberian pretest, pengajaran dengan menggunakan LKS Inovatif sebagai media (di kelas eksperimen), dan penggunaan LKS kimia yang sudah ada (di kelas kontrol) serta kedua kelas telah diberikan postest di akhir pembelajaran. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa untuk rata-rata pretest pada kelas eksperimen adalah 26,83 dan untuk kelas control adalah 30,50 untuk rata-rata postest pada kelas eksperimen 84,33 dan untuk kelas kontrol 69,66 serta untuk rata-rata gain pada kelas eksperimen 0,79 dan untuk kelas kontrol 0,57. Persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 79% sedangkan untuk kelas kontrol adalah 56%. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan penigkatan hasil belajar diantara kedua kelas perlakuan. Hasil uji statistik berdasarkan perhitungan uji hipotesis thitung 13,82 > ttabel 1,67, sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS Inovatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 047 |
Keywords: | - |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12396 |