Arami, Meysi (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN KOMPUTER BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131046 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113131046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113131046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4113131046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4113131046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4113131046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113131046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113131046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
4113131046 BAB I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4113131046 BAB V.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113131046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia
siswa yang belajar dengan model pembelajaran PBL menggunakan komputer
berbasis chemo-edutainment pada materi hidrokarbon. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh kelas X SMAN 1 Tanjung Morawa, yang berjumlah 11 kelas
dengan teknik random sampling (acak) dan masing–masing kelas terdiri atas 30
siswa. Pada kelas eksperimen diberi pengajaran dengan model pembelajaran PBL
menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu
pembelajaran dan pada kelas kontrol diberikan pengajaran dengan model
pembelajaran PBL tanpa menggunakan komputer berbasis chemo-edutainment
sebagai alat bantu pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal
sebanyak 17 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji
hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni thitung = 2, 84
ttabel = 1,6723, artinya Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar kimia
siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL dengan menggunakan
komputer berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu pembelajaran lebih
tinggi daripada dengan model pembelajaran PBL tanpa menggunakan komputer
berbasis chemo-edutainment sebagai alat bantu pembelajaran pada materi
hidrokarbon di kelas X SMAN 1 Tanjung Morawa. Selain itu, rata-rata hasil
belajar yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 87,6 dan kelas kontrol 82,4,
sedangkan persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar
84,3% dan pada kelas kontrol sebesar 75,83%.
Kata Kunci: PBL, komputer berbasis chemo-edutainment, hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 054 |
Keywords: | PBL; komputer berbasis chemo-edutainment; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12393 |