Purba, Nita Ariany (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA PAB 8 SAENTIS DELI SERDANG T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121015 COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4111121015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4111121015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4111121015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
4111121015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4111121015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111121015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4111121015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4111121015 BAB I.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4111121015 BAB V.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4111121015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang T.P. 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 235 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal dan lembar observasi aktivitas siswa yang diamati oleh dua observer.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kontrol adalah 33,33 daan 32,00. Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas sampel diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 71,97 dan 63,81. Dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X semester II SMA PAB 8 Saentis Deli Serdang T.P. 2014/2015. Aktivitas siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran inquiry training memiliki rata-rata aktivitas belajar sebesar 66,02 % dalam kategori aktif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 104 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12374 |