Kartini, Rut (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN JIGSAW PADA SUBMATERI SISTEM INDRA MANUSIA KELAS XI IPA SMA KARTIKA 1-2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141071 COVER.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4113141071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4113141071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4113141071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113141071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113141071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113141071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113141071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4113141071 BAB I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4113141071 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113141071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan jigsaw pada submateri sistem indra manusia kelas XI IPA SMA Kartika 1-2 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi penelitian seluruh kelas XI IPA SMA Kartika 1-2 Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah total 103 orang siswa. Sampel penelitian ini dipilih secara acak. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 30 orang sebagai kelas STAD dan kelas XI-IPA 3 dengan jumlah siswa 34 orang sebagai kelas jigsaw. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas sampel memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar dengan STAD adalah 79,083 dan yang diajar dengan jigsaw adalah 84,279. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikasi = 0,05 dan dk 62 diperoleh thitung (-3,024) < ttabel (-1,999) maka penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan jigsaw pada submateri sistem indra manusia kelas XI IPA SMA 1-2 Kartika Medan tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 050 |
Keywords: | STAD; jigsaw; pembelajaran kooperatif; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12373 |