Saragih, Adelina (2015) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP SISTEM SARAF MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PANTAI CERMIN TAHUN PEMEBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113141002 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4113141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4113141002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4113141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4113141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4113141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4113141002 BAB I.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4113141002 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4113141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentasi miskonsepsi siswa dan penggunaan peta konsep sebagai upaya untuk menganalisis miskonsepsi siswa. Peta konsep merupakan alat yang digunakan dalam mengevaluasi proses pembelajaran. Pembelajaran dengan peta konsep dapat diterapkan untuk menyelidiki pengetahuan yang dimiliki siswa, cara belajar siswa, dan miskonsepsi pada siswa, sehingga dapat digunakanuntuk mengevaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIPA SMAN 1 Pantai Cermin. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Sampel yang digunakan adalah total sampling diperoleh 90 siswa dari tiga kelas dengan ketentuan guru yang mengajar bidang studi tersebut sama. Materi yang digunakan untuk menganalisis miskonsepsi merupakan konsep yang telah dipelajari, yaitu konsep sistem saraf pada manusia. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan berganda danpeta konsep acuan. Penelitian dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pengambilan kesimpulan. Data hasil penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata peta konsep dalam kriteria rendah. Rendahnya peta konsep siswa disebabkanoleh miskonsepsi yang dialami siswa, miskonsepsi tersebut disebabkan oleh siswa itu sendiri dikarenakan dalam membuat peta konsep ini masih banyak kesulitan bagi siswa dalam menentukan dan meletakkan konsep dengan kata penghubung yang tepat. Terdapat sebaran pernyataan pengetahuan siswa dengan rata-rata miskonsepsi 8% , dan tidak tahu konsep 69,5% sehingga rata-rata siswa yang tahu konsep hanya sebesar 22,5%. Adapun hasil dari penyebaran peta konsep siswa yang memberikan persentase miskonsepsi terbesar, yaitu pada konsep saraf tak sadar dengan persentase sebesar 51%, pada penyusun konsep sistem saraf manusia dengan persentase sebesar 34,4%, dan pada subkonsep susunan sistem saraf 30,9%. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa peta konsep efektif digunakan untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada konsep sistem saraf pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 BIO 036 |
Keywords: | Miskonsepsi; Peta Konsep; Sistem Saraf pada Manusia; Concept Cap; The Nervous System in Humans |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12372 |