Lefiana, Luzy (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MEDIA PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4112121011 COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4112121011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
4112121011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4112121011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4112121011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4112121011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4112121011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4112121011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4112121011 BAB I.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
4112121011 BAB V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4112121011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4112121011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan media Peta Pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group Pre-test dan Pos-test, Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPA sebanyak 3 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan media peta pikiran, dan kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran langsung. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan Instrumen berupa test uraian atau essay sebanyak 15 butir. Tes hasil belajar di validkan oleh validator.Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pretes kelas eksperimen 10,6 dengan standard deviasi 3,63 dan kelas kontrol 8,03 dan standard deviasi 4,38. Pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data bahwa ke dua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dapat dinyatakan kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah ke dua kelas diberi perlakuan yang berbeda maka di peroleh nilai postes kelas eksperimen 78,97 dengan standard deviasi 5,59 dan kelas kontrol 72,8 dengan standard deviasi 5,30. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh thitung adalah 4,50 dan ttabel adalah 2,001 pada taraf nyata 0,05. Karena thitung > ttabel, maka ada pengaruh yang signifikan dari model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan media peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 092 |
Keywords: | stillalone |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12349 |