Marito, Adventa Sinta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 4 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113321001 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4113321001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4113321001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4113321001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113321001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4113321001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4113321001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4113321001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4113321001 BAB I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4113321001 BAB V.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4113321001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Pengenalan materi secara autentik disertai dengan kegiatan belajar yang aktif merupakan proses belajar yang sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantu multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes essay 8 soal yang telah diuji validitas isinya. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas XI PIA 2 dan kelas XI PIA 4 yang diambil secara random dimana kelas XI PIA 2 sebagai kelas eksperimen diajar dengan Model Problem Based Learning sedangkan kelas XI PIA 4 sebagai kelas kontrol diajar dengan pengajaran Konvensional. Data penelitian yang diambil dalam bentuk hasil belajar pada bidang kognitif, psikomotorik, dan afektif. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas. Dengan data yang sudah telah berdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05. Rata-rata hasil belajar kelas Eksperimen adalah 33,87 sedangkan kelas kontrol adalah 34,97. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 75,17 sedangkan kelas kontrol sebesar 60,90. Jadi, perbedaan peningkatan hasil belajar kedua kelas sebesar 14,27 satuan. Dari hasil uji > (6,23 > 1,668), maka Ho ditolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol, berarti Ada pengaruh model Problem Based Learning berbantu multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA N 4 Medan T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 054 |
Keywords: | Pengaruh; Problem Based Learning; Konvensional; dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12332 |