Simangunsong, Syawal Dina (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN BANTUAN ANIMASI MACRO MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU KALOR DAN PERPINDAHAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111521005 COVER.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
4111521005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4111521005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
4111521005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4111521005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4111521005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111521005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
4111521005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (28kB) | Preview
4111521005 BAB I.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4111521005 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4111521005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4111521005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dengan bantuan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor di kelas X SMA negeri 16 Medan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest – postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 16 Medan T.P 2014/2015 yang berjumlah 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, yaitu kelas X-MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 45 siswa dan kelas X-MIA 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 45 siswa. Teknik pengumpulan data hasil belajar kognitif fisika menggunakan teknik tes yaitu bentuk essai tes yang berjumlah 8 soal dan lembar observasi yang diisi oleh observer yang dihitung dengan N-gain. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata – rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak.
Berdasarkan analisis data kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama, dilihat dari uji normalitas kelas eksperimen L0 < Ltabel yaitu 0,1088 < 0,1321 dan kelas kontrol L0 < Ltabel yaitu 0,1168 < 0,132, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas Fhitung < Ftabel yaitu 1,59 < 1,64, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan keempat. pertemuan I-II sebesar 38%, pertemuan II-III sebesar 11% dan pertemuan III-IV sebesar 60% dengan kategori aktif. Sedangkan kelas kontrol pertemuan I-II sebesar 17 % , pertemuan II-III sebesar 17,5% dan pertemuan III-IV sebesar 4,8% dengan kategori cukup aktif. Setelah diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh hasil uji t satu pihak postes thitung > ttabel yaitu 11,340>1,665 maka Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh model Problem Based Learning dengan bantuan animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa SMA N 16 Medan T.P 2014/2015.
Kata kunci : Pengaruh, Problem Based Learning, Konvensional, Aktivitas, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 042 |
Keywords: | Pengaruh, Problem Based Learning, Konvensional, Aktivitas, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12309 |