Wahyumi, Pradita (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP SWASTA AR - RAHMAN MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113311037 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113311037 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4113311037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4113311037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4113311037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4113311037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
4113311037 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113311037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4113311037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4113311037 BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
4113311037 BAB V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4113311037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Ar – Rahman Medan dengan jumlah 25 orang dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.
Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar yang terprogram dan terkontrol oleh guru. Berdasarkan observasi di SMP Swasta Ar – Rahman Medan, yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa sangat rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar tersebut. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Cara pengambilan data yang dilakukan melalui observasi, dan tes. Dari hasil tes awal diperoleh 5 siswa yang tuntas, ketuntasan klasikal 20 %, dengan nilai rata-rata kelas 47,68, kategori hasil belajar sangat rendah. Dari tes hasil belajar I diperoleh bahwa siswa yang tuntas ada 21 siswa, ketuntasan klasikal 84 %, dengan nilai rata-rata kelas 75,72, kategori hasil belajar siswa sedang, belum mencapai ketuntasan klasikal ≤ 85 %, maka pembelajaran dilanjutkan ke siklus II.
Pada pelaksanaan tindakan siklus II dilaksanakan dengan memberikan upaya-upaya seperti memperbaiki media pembelajaran, mengajak siswa lebih aktif utnuk bertanya, memberikan lebih banyak bimbigan saat proses pembelajaran. Berdasarkan upaya-upaya tersebut tentunya berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar IIdiperoleh bahwa siswa yang tuntas 22 siswa, ketuntasan klasikal 88 %, dengan rata-rata kelas 87,72, kategori hasil belajar siswa tinggi. Ketuntasan klasikal meningkat 4 % dari hasil belajar siswa. Rata-rata nilai kelas meningkat 12.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakn Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 031 |
Keywords: | Think Pair Share (TPS); Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12299 |