PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN PROGRAM ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON

Hasibuan, Siti Handayani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN PROGRAM ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4113331041 COVER.pdf]
Preview
Text
4113331041 COVER.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4113331041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4113331041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4113331041 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4113331041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4113331041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4113331041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4113331041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 BAB I.pdf]
Preview
Text
4113331041 BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 BAB V.pdf]
Preview
Text
4113331041 BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 4113331041 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4113331041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw pada pokok bahasan hidrokarbon dan mengetahui hubungan aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan kelas X-9 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 yang telah divalidasi, Sedangkan untuk mengukur ranah afektif digunakan lembar observasi penilaian sikap untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw dan kelas Kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Direct instruction. Dari hasil ujit-t pihak kanan pada taraf signifikansi α = 0,05 dimana Ha diterima jika thitung > ttabel yang sekaligus menolak Ho, diperoleh harga thitung (10,97) > ttabel (1,758) maka Ha di terima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Dari hasil uji korelasi diperoleh nilai r hitung > r table, Maka Ka diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw, dan Kontribusi aktivitas siswa terhadap hasil belajar kimia siswa adalah 87,98%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2015 KIM 005
Keywords: Examples Non Examples; Isis Draw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Desy Sry Yani
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 29 Aug 2016 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12297

Actions (login required)

View Item
View Item