Hasibuan, Siti Handayani (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN PROGRAM ISIS DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331041 COVER.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
4113331041 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
4113331041 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4113331041 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4113331041 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4113331041 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4113331041 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113331041 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
4113331041 BAB I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4113331041 BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4113331041 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw pada pokok bahasan hidrokarbon dan mengetahui hubungan aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas kontrol dan kelas X-9 sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 yang telah divalidasi, Sedangkan untuk mengukur ranah afektif digunakan lembar observasi penilaian sikap untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw dan kelas Kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Direct instruction. Dari hasil ujit-t pihak kanan pada taraf signifikansi α = 0,05 dimana Ha diterima jika thitung > ttabel yang sekaligus menolak Ho, diperoleh harga thitung (10,97) > ttabel (1,758) maka Ha di terima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 3 Tebing Tinggi. Dari hasil uji korelasi diperoleh nilai r hitung > r table, Maka Ka diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dengan program Isis Draw, dan Kontribusi aktivitas siswa terhadap hasil belajar kimia siswa adalah 87,98%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 005 |
Keywords: | Examples Non Examples; Isis Draw |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12297 |