Pangestika, Widya (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN LARURAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113131080 COVER.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
4113131080 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4113131080 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4113131080 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113131080 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4113131080 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113131080 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4113131080 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
4113131080 BAB I.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
4113131080 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4113131080 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adanya penerapan model problem based learning menggunakan metode eksperimen memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA. Sampel penelitian sebanyak dua kelas, yaitu kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model problem based learning menggunakan metode eksperimen dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model problem based learning. Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil peningkatan belajar (gain) siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji satu pihak, yaitu uji pihak kanan, dan diperoleh Fhitung = 3,59 sedangkan Ftabel = 1,99. Karena Fhitung > Ftabel pada taraf 5%, maka Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya penerapan model problem based learning menggunakan metode eksperimen memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model problem based learning pada pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit di SMA. Nilai afektif berupa sikap kerjasama siswa dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi, dimana r > 0. Pada eksperimen 1 diperoleh r = 0,67 dan eksperimen 2 diperoleh r = 0,48 dengan demikia Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan nilai sikap kerjasama terhadapa persentase peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model problem based learning menggunakan metode eksperimen dan yang diajar dengan model problem based learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 039 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; metode eksperimen; dan kerjasama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12288 |