Berutu, Lamria (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN KONSEP MOL. Undergraduate thesis, UNIMED.
4113331023 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4113331023 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4113331023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4113331023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
4113331023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4113331023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4113331023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4113331023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
4113331023 BAB I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
4113331023 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4113331023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung (Direct Instruction), dan apakah ada korelasi yang positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA YP. Raksana Medan sebanyak enam kelas. Sampel penelitian berjumlah dua kelas yang diambil secara acak (Random Sampling). Satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Problem Based Learning, dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol yang diberi pembelajaran dengan model pengajaran langsung (Direct Instruction). Data yang diambil adalah peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Instrumen yang digunakan untuk data peningkatan hasil belajar adalah tes objektif berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan distruktor. Aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-pihak kanan dan uji korelasi. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (5,4508 > 1,6775) pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db = 50. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pengajaran langsung (Direct Instructioni). Rata-rata peningkatan hasil belajar kelas eksperimen 88,8% dan kelas kontrol 75,5%. Hasil uji korelasi diperoleh rhitung > rtabel (0,513 > 0,388). Hal ini menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa. Koefisien determinasi atau sumbangan aktivitas belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 26,32%. Dalam hal ini dihitung efektivitas dari model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 14,97%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 KIM 023 |
Keywords: | Efektivitas; Problem Based Learning; Direct Instruction; Aktivitas Belajar Siswa; Peningkatan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12275 |