Dalimunthe, Rahmi Erwita (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141062 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4103141062 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4103141062 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103141062 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103141062 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103141062 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141062 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141062 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141062 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4103141062 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103141062 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103141062 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan metode bermain peran pada Sistem Pernapasan Manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 14 kelas yang bejumlah 631 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini digunakan secara acak (random sampling) yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji cobakan validitas; reabilitas; tingkat kesukaran dan daya pembeda. Instrumen penelitian yang digunakan sebanyak 25 soal.Berdasarkan hasil analisa data secara deskriptif; keefektifan metode bermain peran dalam penelitian ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa yang tergolong tinggi yaitu 82; ketuntasan belajar siswa secara klasikal tergolong tinggi dengan persentase 91%; ketuntasan pencapaian indikator telah tercapai dengan persentase 80% dan aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong sangat baik dengan persentase 87% siswa sudah aktif. Dengan demikian; dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran pada Sistem Pernapasan Manusia memberikan hasil yang baik terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 573.207 12 Dal e |
Keywords: | Efektivitas; Metode Role Playing; Sistem Pernapasan Manusia; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12256 |