Sinambela, Khoirotun Nisak (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121010 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102121010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4102121010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4102121010 ABSTRAK .pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
4102121010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4102121010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4102121010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102121010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4102121010 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
4102121010 BAB V.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4102121010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan keterampilan belajar siswa dan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi gerak lurus di kelas X di SMA Negeri 5 Medan T.P 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X Semester ganjil SMA Negeri 5 Medan terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X mia-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X mia-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 dan 30 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar kognitif dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi sikap siswa, dan (3) lembar observasi keterampilan siswa. . Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 31,7 dan kelas kontrol adalah 32,8. Hasil analisis data pretes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, varians kedua sampel homogen, dan kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan sebanyak tiga RPP dan sekaligus mengobservasi sikap dan keterampilan diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen 65,06 dan kelas kontrol 56,53. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu pihak. Hasil perhitungan diperoleh t_hitung= 2,813 > t_tabel=1,67 maka H_o ditolak dan H_a diterima. Hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi Gerak Lurus di kelas X SMA Negeri 5 Medan T.P. 2014/2015. Model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan sebagai salah satu alternative model pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk peneliti selanjutnya disarankan sebaiknya memahami masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari pada materi yang akan diteliti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.112 071 |
Keywords: | Model Pembelajaran berbasis Masalah; Hasil Belajar; Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12250 |