Lubis, Sri Wahyuni (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DI KELAS VIII SMP SWASTA ERIA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111111024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4111111024 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4111111024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
4111111024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4111111024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4111111024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111111024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4111111024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4111111024 BAB I.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4111111024 BAB V.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4111111024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan spasial siswa dengan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP Swasta Eria Medan dengan jumlah siswa 38 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan spasial siswa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual (CTL) pada materi kubus dan balok di kelas VIII-3 SMP Swasta Eria Medan tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes,wawancara dan observasi. Tes digunakan untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa, wawancara dilakukan untuk mengetahui masalah pembelajaran di kelas VIII SMP Swasta Eria Medan khususnya materi kubus dan balok dan memperoleh data tentang kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan sebagai bahan refleksi dalam menentukan tindakan pada siklus II yang dilakukan setelah hasil tes pada siklus I diperiksa dan observasi digunakan untuk mengetahui proses kegiatan siswa selama pembelajaran.Penelitian ini dibagi atas 2 siklus. Setiap pertemuan dilaksanakan observasi dengan memperhatikan observasi pembelajaran dan diakhir dari siklus diberikan tes kemampuan spasial siswa. Hasil observasi proses pembelajaran berlangsung dengan baik yaitu dari hasil observasi di siklus I rata-rata mencapai 2,7 dengan kategori baik dan mengalami peningkatan di siklus II rata-rata mencapai 3,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan hasil analisis tes kemampuan spasial yang diperoleh pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menggunakan pembelajaran kontekstual (CTL), hasil belajar siswa (â
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 MAT 005 |
Keywords: | Model pembelajaran kontekstual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12231 |