Simarmata, Bernarda (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA KATOLIK SIBOLGA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4111121005 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4111121005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
4111121005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4111121005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4111121005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4111121005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
4111121005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4111121005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
4111121005 BAB I.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4111121005 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4111121005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Swasta Katolik Sibolga T.P 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment menggunakan desain penelitian control group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing siswa berjumlah 33 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar berjumlah 14 soal yang valid dan lembar observasi untuk merekam aktivitas, afektif dan psikomotorik siswa selama pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas, afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen meningkat setiap pertemuan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata aktivitas 72,41, nilai rata-rata afektif 78,10 dan nilai rata-rata psikomotorik 73,15. Nilai rata-rata kognitif siswa meningkat sejalan dengan meningkatnya aktivitas, afektif dan psikomotorik yaitu dari 50,27 menjadi 77,22. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji t) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan akibat model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi suhu dan kalor di kelas X semester II SMA Swasta Katolik Sibolga T.P 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2015 FIS 016 |
Keywords: | model problem based learning; hasil belajar; aktivitas. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12223 |