Hasibuan, Sundut Azhari (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI SMA NEGERI 1 SOSA TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111051 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4101111051 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4101111051 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
4101111051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4101111051 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
4101111051 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4101111051 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4101111051 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4101111051 BAB I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
4101111051 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111051 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4101111051 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan tipe Students Team Achievement Division (STAD) di SMA Negeri 1 SOSA Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 SOSA Tahun Ajaran 2014/2015, sebagai sampel diambil dua kelas secara acak yaitu satu sebagai kelas eksperimen I dan satu sebagai kelas eksperimen II. Kelas eksperimen I diberikan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievement Division (STAD). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik-t. Aspek kemampuan komunikasi matematis yang diukur adalah aspek drawing/menggambar (membuat gambar dan membacai gambar), aspek writing text/menjelaskan, dan aspek mathematical expression (mengekspresikan).Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata selisih kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen I sebesar 2,6544, dengan rincian rata-rata selisih kemampuan membuat gambar sebesar 2,7941, membaca gambar sebesar 2,7647, sedangkan kemampuan menjelaskan dan mengekspresikan berturut-turut sebesar 2,7054 dan 2,3525. Rata-rata selisih kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen II sebesar 2,1357, dengan rincian rata-rata selisih kemampuan membuat gambar sebesar 2,3143 membaca gambar sebesar 2,2286, sedangkan kemampuan menjelaskan dan mengekspresikan berturut-turut sebesar 2,2 dan 1,8. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan tipe Students Team Achievement Division (STAD) di SMA Negeri 1 SOSA Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512. 740 719 Has p |
Keywords: | hakekat matematika; komunikasi matematis; pembelajaran kooperatif; STAD; TPS; grafik fungsi kuadrat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12211 |