Panjaitan, Immanuel (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIDAMANIK T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
408111063 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
408111063 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
408111063 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
408111063 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
408111063 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
408111063 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
408111063 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
408111063 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
408111063 BAB I.pdf - Published Version
Download (613kB) | Preview
408111063 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
408111063 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
408111063 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dan dilakukan di SMA Negeri 1 Sidamanik yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik T.A. 2014 / 2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik T.A. 2014 / 2015 yang terdiri dari 8 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas X-1 sebanyak 39 orang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelas X-2 sebanyak 36 orang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, penentuan sampel dilakukan secara acak (cluster sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian (essay test) sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid.Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang signifikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan model pembelajaran koperatif tipe TPS pada materi Trigonometri di kelas X SMA Negeri 1 Sidamanik T.A. 2014 / 2015, dengan = 2,886 dan = 1,996 diperoleh thitung tidak berada diantara interval -1,996 < t < 1,996 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata pretes siswa kelas Jigsaw sebesar 19,38 sedangkan rata-rata postes 33,08. Siswa kelas TPS diperoleh rata-rata pretes sebesar 19,50 sedangkan rata-rata postes sebesar 29,61. Berdasarkan peningkatan nilai rata-rata pada kedua kelas, sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw maupun model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran matematika, dengan tetap memperhatikan kelebihan dan kekurangan dari kedua model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Pan p |
Keywords: | pembelajaran kooperatif; pembelaajran kooperatif tipe jigsaw; teorema phytagoras; trigonometri dari sudut khusus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12204 |